Skip to main content
virus kanker serviks menularkah

VIRUS KANKER SERVIKS MENULARKAH..?

Ternyata Virus Kanker Serviks tidak hanya menular lewat hubungan seksual.

Sebenarnya tidak ada satupun jenis kanker bersifat menular. Penyakit kanker yang terjadi pada dasarnya timbul karena ada kelainanpada genetika manusia atau perubahan hormon. Jadi seperti yang lainnya kanker serviks juga tidak menular. Namun ada yang membedakan kanker serviks dengan jenis kanker yang lain. Yaitu penyebabnya adalah akibat dari infeksi Human Pappiloma Virus (HPV). Nah infeksi virus inilah yang menjadikan resiko tinggi pada wanita yang tertular virus ini dari pasangannya sebagai pembawa virus.

Selama ini kita mengetahui bahwa kasus terbanyak dari penularan virus HPV sebagai penyebab Kanker Serviks adalah melalui hubungan seksual. Tetapi ternyata tidak peduli apakah anda aktif secara seksual ataupun tidak, anda tetap bisa tertular virus HPV. Hal ini bisa terjadi karena virus HPV (Human Pappiloma Virus) tidak hanya menular melalui hubungan seksual.

Para dokter selalu menyarankan untuk mempraktekan seks aman sekaligus pemeriksaan rutin ke dokter ahli kandungan. Namun menurut penelitian terbaru yang diterbitkan oleh Sexual Health. HPV tidak hanya menular dari hubungan sexual tapi juga dari tempat yang terlihat aman seperti tempat pemeriksaan dokter.

Dari Kulit Sampai Celana Dalam bisa menular kan Virus Kanker Serviks.

celana dalam

Para peneliti menganalisis 51 penelitian tentang penularan HPV. Mereka menemukan bahwa virus ini ditemukan juga pada 51% wanita yang masih perawan. Tentu saja membuat para peneliti ini bertanya-tanya, bila tidak melalui hubungan seksual darimana penularan nya?.

Seperti dilansir dari Women’s Health (Minggu, 21/2/2015) ada dua kemungkinan mengapa hal ini bisa terjadi. Pertama adalah melalui kontak vagina dengan cara yang berbeda. Misalkan menyentuh alat kelamin pasangan (beberapa penelitian menemukan penularan HPV dari tangan ke kelamin) atau dari mainan seks. Karena pada saat di periksa. Ternyata DNA HPV juga ditemukan pada mainan seks yang di gunakan meskipun setelah 24 jam dibersihkan.

Kemungkinan yang kedua adalah penularan apabila bersentuhan dengan benda atau tempat (permukaan) yang terinfeksi virus ini. Misalkan meja periksa dokter atau tempat umum seperti toilet dan pusat kebugaran. Tentunya para dokter harus rajin mensterilkan perlatan dan tempat praktek nya sebelum dan sesudah digunakan. Pastikan anda juga mengelap atau membersihkan peralatan yang digunakan di pusat kebugaran. Hindari memakai celana terlalu pendek yang memungkinkan daerah kewanitaan menyentuh peralatan tadi. Dan pastikan untuk selalu duduk di atas handuk saat di sauna.

Kemungkinan yang lain adalah dari pants sharing terutama celana dalam, bahkan setelah di cuci. Juga penularan skin to skin (dari kulit ke kulit) karena pernah ditemukan seorang wanita terkena HPV di mulut. Hal ini bisa terjadi melalui kontak kulit dari serviks yang berpindah ke mulut. Sekarang sudah menjadi kesepakatan di seluruh dunia salah satu cara penularan HPV penyebab kanker serviks adalah skin to skin.

HPV (Human Pappiloma Virus) sendiri bisa menjadi penyebab dari beberapa jenis kanker. Seperti kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, kanker anus, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *