Skip to main content
pencegahan kanker serviks, obat herbal kanker serviks stadium 2, stadium 2b, stadium 3, stadium 4, stadium awal, obat herbal penyakit kanker serviks, ampuh untuk kanker serviks, anti kanker serviks

Lakukan Pencegahan Kanker Serviks Sejak Dini sebelum Anda Mati Konyol

Kanker Serviks adalah salah satu jenis kanker yang menjadi momok bagi kaum wanita. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa Kanker Serviks merupakan peringkat teratas di antara berbagai jenis kanker yang menyebabkan kematian pada wanita. Meskipun demikian, tidak banyak orang mau melakukan Pencegahan Kanker Serviks sejak dini.

Di Indonesia, setiap tahun terdeteksi lebih dari 15.000 kasus kanker serviks dan 8.000 kasus diantaranya berakhir dengan kematian.  Sehingga, data ini menempatkan negara Indonesia merupakan negara dengan jumlah penderita kanker serviks tertinggi di dunia.

Tercatat juga angka statistik yang mengejutkan, bahwa di Indonesia setiap 1 Jam meninggal 1 orang wanita karena kanker serviks.  Hal ini tidak tidak lepas dari kurangnya edukasi tentang pencegahan kanker serviks bagi wanita.

Jangan Terlambat Melakukan Pencegahan Kanker Serviks

Sebelum Anda mengetahui bagaimana melakukan Pencegahan Kanker Serviks, Perlu diketahui bahwa Kanker Serviks di sebabkan oleh Virus HPV (Human Pappiloma Virus). Virus ini mempunyai sekitar 100 tipe dan tidak semua berbahaya, dan akan lenyap dengan sendirinya.

Tipe yang menyebabkan keganasan adalah HPV Tipe 16 dan 18. Selain disebabkan oleh virus HPV. Pertumbuhan sel – sel  abnormal pada leher rahim juga bisa diakibatkan paparan radiasi dan pencemaran bahan kimia dalam jangka lama.

Perjalanan dari infeksi HPV hingga menjadi kanker bisa jadi memakan jangka waktu lama, yaitu sekitar 10-20 tahun. Namun proses infeksi ini seringkali tidak disadari oleh penderita.

Karena proses HPV kemudian Pra-Kanker sebagian besar berlangsung tanpa gejala, sehingga diperlukan edukasi untuk bisa melakukan deteksi awal.

Langkah Pencegahan Kanker Serviks

Karena pada fase awal Kanker Serviks tidak menunjukkan gejala. Maka sebaiknya kita sendiri yang harus lebih waspada dengan melakukan tindakan Pencegahan Kanker Serviks dan memperbaiki pola hidup yang sehat.

  1. Menerapkan pola hidup sehat. Gaya hidup sehat akan jauh lebih baik dari pada hidup yang tidak teratur. Selain menjaga kesehatan, memiliki gaya hidup yang sehat akan terhindar dari beberapa penyakit yang akan menyerang tubuh, baik itu penyakit ringan maupun penyakit terberat sekalipun. Yang tentu saja akan meminimalisir kemungkinan terkena kanker serviks.
  2. Rajin membersihkan organ kewanitaan. Terutama jika anda berada di toilet umum. Usahakan menggunakan tissue sendiri, karena kita tidak tahu sudah terkontaminasi virus apa saja tissue di toilet umum. Dan juga kebersihan air yang belum tentu terjamin.
  3. Hindari kebiasaan merokok bila anda perokok aktif. Merokok juga sudah diketahui sebagai salah satu pemicu penyakit kanker. Termasuk kanker serviks.
  4. Tidak berhubungan intim saat sedang haid.
  5. Tidak berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual.
  6. Hindari berhubungan intim di usia muda. Cara penularannya sendiri adalah melalui hubungan seksual dengan orang yang terpapar virus HPV. Terutama pada kehidupan seksual yang berganti-ganti pasangan, baik secara genital ke genital, oral ke genital maupun manual ke genital.
  7. Konsumsi Produk Kesehatan, seperti Herbal atau Suplement yang berbahan alami. Untuk menunjang kesehatan dan daya tahan tubuh dari dalam.
  8. Lakukan Pap Smear. Cara melakukan pencegahan yang paling umum adalah Pap Smear. Yaitu melakukan Pap Smear terutama pada wanita yang sudah aktif melakukan aktifitas seksual, melaksanakan pola hidup sehat, melakukan aktifitas seksual yang sehat dengan tidak berganti-ganti pasangan, konsumsi makanan sehat dan bernutrisi dll.

pap smear

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa meningkatkan kewaspadaan kita dengan melakukan pencegahan sedini mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *