Skip to main content
Berhubungan Seks Saat Menstruasi

Berhubungan Seks Saat Menstruasi Apakah Berbahaya?

Berhubungan Seks Saat Menstruasi dapat menimbulkan berbagai efek negatif terhadap kesehatan wanita. Hal tersebut dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Baik itu infeksi atau pun sampai tahap timbulnya Kanker terutama Kanker Rahim dan Kanker Serviks.

Secara Agama hal tersebut memang dilarang.  Dan menurut pakar medis juga terbukti dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan bagi wanita.

Dampak Buruk Berhubungan Seks Saat Menstruasi

Berikut ini adalah beberapa bahaya Berhubungan Seks Saat Menstruasi :

Tingkat Resiko Tertular Penyakit Seksual Lebih Tinggi

Leher rahim wanita akan terbuka pada saat menstruasi. Sehingga pada saat berhubungan seks kemungkinan bakteri, virus atau jamur yang berbahaya masuk ke dalam rahim lebih besar.

Begitupun pada saat penetrasi, kemungkinan akan terjadi luka pada penis ataupun dinding rahim akibat gesekan. Darah menstruasi yang tidak steril atau sperma yang mengandung kuman bisa masuk melalui luka tersebut.

Penelitian yang dilakukan oleh Laura Berman, PhD seorang seksolog Universitas Kedokteran Chicago. Mengatakan bahwa virus seperti HIV/AIDS, HPV dan Hepatitis akan lebih mudah menular pada pasangan yang melakukan hubungan seks saat menstruasi.

pH atau Tingkat Keasaman Area Vagina lebih Rendah.

Asam pada vagina berguna untuk membunuh bakteri berbahaya.  Pada saat menstruasi maka pH atau keasaman vagina akan berkurang.  Jika saat itu dilakukan hubungan seks maka Virus, Bakteri akan sulit dikendalikan dan lebih mudah menjangkiti.

Endometriosis

Pada saat berhubungan seks dan terjadi orgasme, maka akan terjadi kontraksi yang kuat di dalam rahim. Saat kontraksi terjadi, maka darah kotor bisa masuk ke dalam tubuh melalui saluran telur sehingga mengakibatkan endometriosis.

Emboli

Saat penetrasi dilakukan kemungkinan akan terjadi gelembung udara akibat dari pembuluh darah yang terbuka. Jika gelembung udara tersebut masuk ke aliran darah dan menghambat peredaran darah. Maka akan berbahaya terutama bila terjadi di daerah Jantung.

 

 

Berhubungan Seks Saat Menstruasi Masih Bisa Hamil dan Terinfeksi

Meskipun kemungkinannya kecil dalam berhubungan seks saat menstruasi. Tapi beberapa wanita memiliki siklus menstruasi tidak teratur dan sangat singkat, sehingga berhubungan seks saat menstruasi tetap menimbulkan resiko kehamilan.

Infeksi

Endometrium

Berhubungan seks saat mentruasi bisa menimbulkan luka. Dan endometrium sedang mengalami peluruhan, sehingga darah dan sperma yang tidak steril bisa masuk dan menimbulkan infeksi.

Luka Trauma di Mulut Rahim

Berhubungan seks saat menstruasi dapat menimbulkan luka di mulut rahim dan dapat menimbulkan infeksi. Infeksi inilah apabila tidak disadari dan tertangani secara cepat dan tepat, dapat menimbulkan bahaya yang lebih besar yaitu kanker Serviks.

Karena itu sebaiknya suami bersabar menunggu istrinya selesai dan bersih dari menstruasi, baru melakukan hubungan seksual seperti biasa.

Hubungan seks 2-3 kali seminggu baik bagi kesehatan karena juga dapat merangsang tubuh untuk menghasiilkan sperma yang lebih berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *